Minggu, 02 Desember 2012

BAB 13

                                

Rangkuman pengantar bisnis
Bab 13 pemasaran: membangun hubungan pelanggan.
1.       Konsep pemasaran.
-          Orientasi pelanggan, yang artinya menemukan apa yang disenangi konsumen dan menyediakan apa yang mereka butuhkan.

-          Orientasi jasa, yang artinya semua orang dalam organisasi harus memiliki satu tujuan yang sama yaitu kepuasan konsumen/pelanggan.

-          Orientasi, yang artinya disini semua orang dalam organisasi berfokus pada produksi barang dan jasa yang akan menghasilkan laba/keuntungan yang terbanyak.

2.       Era hubungan pelanggan.
 Manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management) adalah proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan apa yang anda bisa lakukan untuk memuaskan mereka bahkan melebihi harapan mereka.

3.       Faktor-faktor bauran pemasyaran:
-           Produk (product), yang artinya harus bisa memproduksi barang dan jasa yang memuaskan bagi mereka.
-          Harga (price), yang artinya menentukan harga suatu produk yang telah diproduksi.
-          Tempat (place), yang artinya menempatkan suatu produk pada suatu tempat atau daerah yang mudah dijangkau oleh konsumen.
-          Promosi (promotion), yang artinya mempromosikan suatu barang yang telah diproduksi. Contohnya menggunakan sarana internet, iklan , majalah, koran, dll.

4.       Strategi pemasaran organisasi nirlaba.
-          Papan produktif pengawas.
-          Memfokuskan pemasaran.
-          Misi dan strategi yang teratur.
-          Praktek perencanaan strategis.
-          Melatih dan mengembangkan relawan dalam jangka panjang.

5.       Pasar bisnis ke bisnis.
-          Meliputi pemanufakturan seperti institusi (rumah sakit, sekolah, dll). Pasar B2B lebih besar daripada pasar konsumen karena barang-barang sering dijual dan dijual lagi beberapa kali dalam proses B2B sebelum barang-barang tersebut dijual ke konsumen akhir.

-          Pasar mengimplementasikan empat P maksudnya untuk merancang produk yang diinginkan orang-orang atau konsumen ; menentukan harga yang kompetitif, menempatkan dilokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen, dan memproduksikannya. Sehingga konsumen itu tau kalau produk itu ada.

- Pemindaian lingkungan adalah proses mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu pemasaran. Pemasar memperhatikan semua faktor-faktor lingkungan yang menciptakan suatu ancaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar